Kapur Access merupakan anak Induk dari oraganisasi KAPUR. KAPUR merupakan komunitas Anak PR BSI Salemba 45 kelas A. Namun, dengan adanya acara PR camp di Puncak Juni 2010 silam, beberapa anggota dari KAPUR berinisiatif menciptakan anak Induk dari KAPUR yaitu Kapur Access, yang dalam kompetisi di Puncak kemarin berhasil menggondol 3 Piala...
Tuesday, June 15, 2010
Seminar Sehari - Strategi Kampanye Public Relation (PR)
Untuk membekali para peserta yang mengikuti PR Camp di puncak Jum'at depan, para peserta diwajibkan untuk mengikuti seminar sehari pada hari rabu kemarin. Seminar sehari itu terdapat dua sesi, yang pertama seminar mengenai Strategi Kampanye Public Relation dan yang kedua tentang cara membuat Blog yang menarik. Tapi yang akan saya bahas disini adalah seminar mengenai Strategi Kampanye Public Relation.
Seminar itu dibuka oleh Kajur PR yaitu Pak Ketut dengan Pembicaranya Bpk. Silih Wasesa. Pak ketut membuka seminar itu dengan menyampaikan beberapa peranan PR dalam perusahaan, kegiatan-kegitan yang dilakukan oleh PR, dll.
Setelah Pak Ketut selesai memberikan pengarahan kepada para Mahasiswa/i mengenai seminar tersebut, beliau mempersilahkan Pak Silih Wasesa selaku pembicara yang akan membahas tentang Kampanye PR untuk segera memulai pembahasan tersebut. Dalam seminar tersebut, Beliau (Pak Silih) menjelaskan tentang berbagai strategi kampanye seorang PR yang berhasil dilakukan oleh beberapa orang diluar sana. Beliau memberikan contoh yang berkaitan dengan strategi kampanye PR misalnya Ririn Dumin yang berkampanye dengan mengatakan SIAP JADI BINTANG MASA DEPAN, dan Sarah Aprilia yang mengkampanyekan dirinya sendiri dengan menjadi seorang guru private. Beliau juga menjelaskan tujuan kita melakukuan kampanye adalah untuk mempengaruhi publiknya, antara lain sejauh mana mereka mengenal dan mengetahui kegiatan lembaga atau organisasi yang kita jalani. Membutuhkan perjuangan keras untuk mengubah opini public yang selama ini tidak mengenal atau tidak menyukai melalui suatu teknik kampanye public relations (PR campaign) melalui strategi menarik perhatian (pull strategi) yang mampu mengubahnya, yaitu dari posisi “nothing” menjadi “something”. Seorang PR harus bisa membangun citra perusahaan agar perusahaan dapat terus berkembang dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain dan seorang PR harus bisa menjaga reputasi perusahaan agar masyarakat dapat mengerti dan memahami apa yang kita kerjakan.
Ilmu tersebut sangat bgerguna untuk mahasiswa/i PR yang sedang mendalami tehnik-tehnik dalam berkampanye, agar dapat berkampanye sesuai dengan cara yang benar. Selama kurang lebih 2 jam Pak Silih berbicara, berakhir juga seminar pada sesi pertama pada saat itu. Semua mahasiswa/i pun beristirahat dan siap untuk mengikuti seminar pada sesi yang kedua.
Created By : Anggun Fikky
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment